Beranda | Artikel
Syarah Bab Berdakwah Kepada Syahadat Laa Ilaaha Illallah
Rabu, 5 Januari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Syarah Bab Berdakwah Kepada Syahadat Laa Ilaaha Illallah adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 24 Jumadil Awal 1443 H / 29 Desember 2021 M.

Kajian Tentang Syarah Bab Berdakwah Kepada Syahadat Laa Ilaaha Illallah

Ketika penulis kitab tauhid menyebutkan tentang hakikat tauhid dan keutamaan-keutamaan tauhid, dan apa saja yang mengkonsekuensikan takut kepada kebalikan dari tauhid (kesyirikan), maka penulis mengingatkan bahwasanya tidak pantas bagi siapa yang mengetahui tentang tauhid mencukupkan untuk dirinya saja. Tetapi wajib atasnya untuk mendakwahkan tauhid tersebut dengan hikmah, dengan ilmu pengetahuan dan nasihat yang baik sebagaimana ia adalah jalannya para Rasul dan pengikut-pengikut para Rasul ‘Alaihimush Shalatu was Salam.

Al-Hasan Al-Bashri Rahimahullah berkata ketika menafsirkan firman Allah:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapakah orang yang lebih baik ucapannya dari seorang yang berdakwah kepada Allah dan beramal shalih dan ia mengatakan: ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang beragama Islam.`” (QS. Fussilat[41]: 33)

Beliau berkata bahwa ini adalah wali Allah dan makhluk pilihan Allah dan orang terbaik yang dipilih oleh Allah dan penghuni bumi yang paling dicintai oleh Allah (yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam). Beliau menerima tauhid, lalu setelah itu mengajak manusia kepada apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala dakwahkan didalamnya. Dan kemudian beliau beramal shalih di dalam dakwah tersebut. Kemudian beliau mengatakan: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang beragama Islam.”

Kemudian penulis membawakan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Katakanlah (wahai Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam): ‘Inilah jalanku (inilah metode dan tata cara hidupku), aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kepada Allah diatas ilmu pengetahuan. Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang yang melakukan kesyirikan.`” (QS. Yusuf[12]: 108)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51267-syarah-bab-berdakwah-kepada-syahadat-laa-ilaaha-illallah/